Mr and Mrs Setiyono

Mr and Mrs Setiyono

Kamis, 10 November 2011

IMD (inisiasi menyusu dini)

akhir-akhir ini suka banget ngintip-ngintip youtube dan nyari informasi mengenai inisiasi menyusu dini, padahal nikah aja belum hihihi,,,

eits tapi jangan salah, dengan saya tahu ilmunya itu akan menjadi bekal buat saya nanti ketika saya berada dalam fase itu, supaya saya bisa memberikan yang terbaik untuk anak saya nanti aamiin (sambil ngayal kapan ya? nikah dulu ya robb, berikan jodohnya :) )

tapi tahukah kamu apa itu Inisiasi menyusu Dini??? ayo ngacung! ihh,,,jangan takutsalah da nggak akan disetrap juga apalagi sampai dibawa kepersidangan karena jawaban yg kurang tepat (adoohhh sadar iyan!pletak)

hihihi, baiklah saya akan sedikit share mengenai apa yang saya temukan di mbah google.
IMD atau Inisiasi Menyusu Dini adalah program yang sedang gencar dianjurkan pemerintah. Menyusu dan bukan menyusui merupakan gambaran bahwa IMD bukan program ibu menyusui bayi tetapi bayi yang harus aktif menemukan sendiri putting susu ibu. Program ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya. Proses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu.

dari hasil penelitian, bayi yang baru lahir langsung melalui proses IMD dengan bayi yang baru lahir kemudian dimandikan dulu,  tingkat kemampuan dalam hal menyusunya berbeda 50 %, bayi yang belum dimandikan akan lebih tinggi tingkat kemampuannya dibanding dengan bayi yang sudah dimandikan, tuh kan,,,tuh kan,,,banyak kan dari kita yang tidak tahu.

selain itu dengan adanya IMD terjadi proses skin to skin yang akan memberikan kenyamanan kepada si bayi yang tidak hanya pada saat itu tetapi samapi dia dewasa. Sang anak akan lebih kuat menjalani hidup, memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dan merasa dilindungi. wah subhanalloh ya Alloh teh menyiapkan segalanya dalam diri wanita, (mau jadi ibu huhuhu : nikah dulu woi : ya alloh cepet kasihkan jodohnya dong  ya ya ya :))

dan yang paling mengharukan adalah ekspresi ngeliat ekspresi si bayi ketika berhasil menemukan puting susu ibu, huhuhu terharu abis,,,,momennya tuh ga bisa diungkapkan lewat kata-kata. Ga percaya??? saya kasih liat videonya yah. coba lihat dengan seksama pasti kamu juga ngerasa bahagia dan pengen cepet jadi ibu seperti saya (hahahah,,,alibi)

 kapan yah giliran saya, pasti bahagia banget :), jodohnya dulu aja ya Alloh  ya ya ya :)

Tidak ada komentar: